Jl. Gatot Subroto No. 41 Kebondalem Purwokerto
0852-1953-3176
PGM-FI – Sistem Injeksi Motor Honda
Pengenalan Sistem PGM-FI

PGMFI Sistem Injeksi Motor Honda

PGMFI sistem injeksi motor honda dan PGM-FI sistem injeksi motor honda kemudian teknologi injeksi motor honda. Sejarah PGMFI motor honda dan komponen PGM-FI motor honda kemudian cara kerja sitem PGM-FI. Cara kerja PGM-FI injeksi Motor Honda dan Garansi Komponen PGM-FI Honda

Dahulu, semua sistem pengapian motor menggunakan karburator. Sekarang, karena makin majunya teknologi injeksi motor maka hampir semua kendaraan bermotor telah menggunakan teknologi ini. Sistem injeksi yang digunakan pada motor Honda sering disebut dengan istilah PGM-FI (Programmed Fuel Injection).

Siatem injeksi motor honda atau PGM-FI inilah yang pada akhirnya berkembang dan menjadikan standar motor ramah lingkungan sampai saat ini.

Lalu, apa dan bagaimana sistem injeksi pada motor honda tersebut ?

Simak ulasan lengkap pada artikel berikut ini.

Latar Belakang Penggunaan Sistem Injeksi

Latar Belakang Penggunaan Injeksi

Perubahan lingkungan saat ini semakin membahayakan kehidupan. Karena volume kadar CO (karbon monoksida) meningkat sehingga menyebabkan ozon rusak serta berdampaknya kepada Pemanasan Global.

Peningkatan industri dan populasi kendaraan bermotor juga ikut andil dalam peningkatan kadar CO dunia. Kondisi ini juga menyebabkan terjadinya kelangkaan sumber energi.

Dengan demikian, bisa kita ambil kesimpulan bahwa kadar CO dan konsumsi energi dapat kita kurangi dengan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Oleh karena itu, maka sangat kita butuhkan teknologi kendaraan bermotor yang efisien bahan bakar dan ramah lingkungan.

Latar belakang inilah yang akhirnya melahirkan PGM-FI Sistem Injeksi Motor Honda.

Dengan beberapa alasan tersebut maka negara-negara di Eropa membuat standar yang disebut dengan EURO.

Apa itu EURO ?

EURO adalah standar yang ditetapkan oleh negara-negara Uni Eropa (EU) berkaitan dengan regulasi ambang batas emisi gas buang untuk kendaraan bermotor. Emisi gas buang yang dimaksud adalah CO (Carbon Monoxide), HC (Hydro Carbon) dan NOx (Nitrogen Oxide).

Berikut ini tabel untuk menjelaskan baku mutu regulasi di Indonesia berkaitan dengan perbandingan standar EURO yang telah ditetapkan.

Standar Emisi EURO

Oleh karena itu, Honda ikut berperan serta dalam mendukung penerapan standarisasi EURO 3. Dengan produksi motor Honda saat ini yang sudah mengadopsi EURO 3, maka hal tersebut merupakan perwujudan dalam menjaga lingkungan di Indonesia dengan pengendalian emisi gas buang kendaraan.

Akhirnya, baku mutu inilah yang yang menjadi standar produksi PGM-FI sistem injeksi motor honda.

Apa itu PGM-FI ?

PGM-FI atau Programmed Fuel Injection adalah Sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan teknologi kontrol elektronik sehingga mampu mengatur pasokan bahan bakar dan udara secara optimum yang dibutuhkan oleh mesin pada setiap keadaan.

Di Indonesia, masyarakat sering menyebutnya dengan motor injeksi karena teknologinya sudah mengadopsi PGM-FI (sistem injeksi Motor Honda).

Sistem Kontrol Elektronik

Pada awalnya, sistem PGM-FI hanya digunakan pada sepeda motor kelas premium. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan tuntutan akan kendaraan yang lebih ramah lingkungan dan irit bahan bakar, Honda mulai mengembangkan sistem PGM-FI untuk sepeda motor kelas bawah.

Oleh karena pentingnya sistem motor injeksi di masa depan, maka honda selalu berinovasi dan mengembangkan teknologi PGM-FI sistem injeksi motor honda.

Pada tahun 1982 Honda memperkenalkan model CX500TURBO yang merupakan sepeda motor pertama di dunia yang menggunakan teknologi injeksi.

Motor Injeksi Pertama Di Dunia

Hal ini menjadi bukti keseriusan dan kemajuan teknologi motor honda dalam menerapkan PGM-FI sistem injeksi motor honda.

Kemudian pada tahun 2003, Honda meluncurkan New PGM-FI untuk sepeda motor CC kecil dan skuter.

Penerapan PGM-FI Pada Motor CC Kecil dan Skuter

Lalu pada tahun 2005, Honda meluncurkan sepeda motor bebek pertama di Indonesia yang menggunakan sistem PGM-FI, yaitu Honda Supra X 125 PGM-FI. Peluncuran ini menjadi titik awal kebangkitan teknologi PGM-FI di Indonesia.

Motor Injeksi Pertama di Indonesia

Hingga saat ini, semua sepeda motor Honda di Indonesia sudah menggunakan teknologi PGM-FI. Teknologi ini telah menjadi standar di industri sepeda motor Indonesia dan dunia.

Karena ini adalah motor injeksi pertama di Indonesia, maka bisa kami katakan bahwa Honda memang selalu lebih unggul dalam mengembangkan teknologi motor injeksinya. Sehingga PGM-FI sistem injeksi motor honda semakin berkembang pesat.

Perbedaan Antara Karburator dan PGM-FI

Perbedaan Karburator dan PGM-FI

Secara garis besar perbedaan antara KARBURATOR dengan INJEKSI (PGM-FI) adalah terletak pada SISTEM SUPLAI BAHAN BAKAR.

Perbandingan Suplai Bahan Bakar 1
Perbandingan Suplai Bahan Bakar 2

Perbedaan Utama : Perbedaan utama antara sistem karburator dan injeksi adalah cara kerja keduanya. Sistem karburator menggunakan mekanisme mekanis untuk mencampur udara dan bahan bakar, sedangkan sistem injeksi menggunakan mekanisme elektronik.

Sistem Karburator : Sistem karburator bekerja dengan cara mengalirkan udara dan bahan bakar ke ruang bakar secara bersamaan. Udara mengalir melalui filter udara, lalu masuk ke karburator. Di dalam karburator, udara dicampur dengan bahan bakar yang keluar dari pelampung. Campuran udara dan bahan bakar ini kemudian mengalir ke ruang bakar melalui saluran intake manifold.

Sistem Injeksi : Sistem injeksi bekerja dengan cara menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar secara langsung. Bahan bakar diinjeksikan oleh injektor yang dikendalikan oleh Electronic Control Module (ECM). ECM menerima sinyal dari berbagai sensor untuk menentukan jumlah bahan bakar yang perlu diinjeksikan.

Alur inilah yang menjadikan PGM-FI sistem injeksi motor honda mampu menjadikan motor dengan konsumsi bahan bakar yang sangat irit.

Perbedaan Partikel Bahan Bakar : PGM-FI menghasilkan partikel bahan bakar yang lebih kecil dan homogen dengan udara sehingga terbakar lebih sempurna.

Perbandingan Partikel Bahan Bakar

Oleh karena pembakaran dalam sistem injeksi yang sempurna maka motor akan lebih resposif dan bertenaga. Sehingga, selain hemat bahan bakar, maka hal ini akan menghemat biaya bagi pengendara.

Komponen PGM-FI

Injektor

Injektor

Injector bekerja sesuai sinyal dari ECM untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam intake manifold. Mempunyai lubang injector dengan diameter yang sangat kecil dengan dilengkapi filter / saringan.

Sistem pengaturan dengan tingkat presisi sangat tinggi, sehingga menghasilkan pengaturan jumlah aliran bahan bakar yang sangat tepat. Tidak perlu perawatan berkala sehingga hemat biaya, pembakaran lebih sempurna sehingga menghemat bahan bakar.

Pompa Bahan Bakar

Pompa Bahan Bakar

Pompa bahan bakar berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki ke injector. Mampu mengalirkan bahan bakar dengan tekanan yang konstan. Suara pompa yang halus dan filter dapat diganti terpisah (MODULAR).

Engine Control Module (ECM)

Engine Control Module

Sebagai pengontrol kinerja sistem dengan mengolah informasi yang dikirimkan oleh komponen sensor. ECM berfungsi mengontrol waktu penyemprotan bahan bakar, mengatur jumlah bahan bakar yang disemprotkan dan mengatur waktu pengapian.

Menghasilkan akurasi yang sangat tinggi dalam mengatur penyemprotan bahan bakar dan waktu pengapian sesuai input dari sensor-sensor. Lebih responsif karena pembakaran lebih sempurna, hemat bahan bakar karena suplai bahan bakar disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan mesin.

Sensor-Sensor PGM-FI

1. Temperatur Sensor (EOT dan ECT)

Temperatur Sensor

Terdiri dari Sensor EOT (Engine Oil Temperature) dan ECT (Engine Collant Temperature). Sensor EOT dan ECT berfungsi untuk mendeteksi perubahan suhu mesin. Mampu mendeteksi perubahan suhu dengan akurat, mesin akan mudah hidup dalam segala kondisi suhu. Konsumsi bahan bakar juga akan sesuai dengan perubahan suhu mesin sehingga lebih hemat bahan bakar.

2. Intake Air Temperature (IAT)

Sensor IAT berfungsi untuk mendeteksi suhu udara yang masuk ke mesin. Sensor ini terletak di saluran intake manifold, di antara filter udara dan throttle body.

3. Sensor Throttle Position (TP)

Sensor TP

Berfungsi untuk mendeteksi posisi/sudut bukaan gas. Mampu mendeteksi perubahan bukaan gas dengan akurat, pencampuran bahan bakar dengan udara selalu optimum sesuai dengan perubahan posisi bukaan gas sehingga lebih hemat bahan bakar dan lebih responsif.

4. Manifold Absolute Pressure (MAP)

Sensor MAP memiliki fungsi untuk mengukur tekanan udara absolut di dalam intake manifold. Posisi sensor MAP terletak di dalam throttle body.

5. Ignition Pulse Generator (CKP)

Sensor CKP

Sensor CKP berfungsi untuk mendeteksi putaran mesin dan sudut crankshaft. Mampu mendeteksi dan memonitor posisi dan kecepatan putaran crankshaft dengan akurat. Sensor CKP mengirimkan sinyal listrik ke ECM untuk mengontrol waktu pengapian dan parameter jumlah injeksi bahan bakar serta pengaturan waktu injeksi.

6. Oxygen (O2) Sensor

Oxygen Sensor

Sensor O2 berfungsi untuk memperbaiki campuran udara dan bahan bahkar dengan cara mendeteksi konsentrasi oksigen yang terkandung di dalam gas buang. Mampu mendeteksi konsentrasi oksigen pada gas buang dengan akurat.

7. Bank Angle Sensor

Bank Angle Sensor (BAS) pada motor Honda berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis saat motor mengalami kemiringan yang ekstrim. Fungsi ini berguna untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat motor terjatuh.

Throttle Body

Throttle Body

Throttle Body berfungsi untuk mengatur jumlah udara masuk sewaktu pengendara mengoperasikan throttle valve yang terhubung dengan throttle grip.

Cara Kerja PGM-FI

Skema Cara Kerja PGM-FI

Berikut adalah cara kerja sistem PGM-FI pada motor Honda:

  1. ON kan posisi kunci kontak. 
  2. Fuel pump bekerja selama sekitar 2 detik untuk mengisi saluran bahan bakar dengan tekanan. 
  3. ECM menerima sinyal dari berbagai sensor, antara lain sensor Oxygen, sensor EOT, sensor CKP, dan sensor TP. 
  4. ECM menggunakan sinyal-sinyal tersebut untuk menentukan jumlah bahan bakar yang mesin butuhkan. 
  5. Kemudian ECM mengirimkan sinyal ke injektor untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar.

Lihat video berikut

Garansi Komponen PGM-FI

Garansi Komponen PGM-FI

PGM-FI Honda bergaransi 5 tahun / 60.000 km, mana yang tercapai lebih dahulu (syarat dan ketentuan berlaku). Garansi 5 tahun terhitung sejak transaksi pembelian. Garansi berlaku untuk semua motor PGM-FI Honda. Komponen yang termasuk dalam garansi 5 tahun PGM-FI adalah :

  • Body Set (TP Sensor) 
  • Fuel Injection, ASSY 
  • PGM-FI Unit (ECM) 
  • Fuel Pump Unit 
  • Sensor Thermostat Oil (EOT), ASSY 
  • Sensor Oxygen 
  • Solenoid (FISV)

Catatan : Setiap sepeda motor mempunyai komponen yang berbeda.

BACA JUGA : Garansi Motor Honda

Malfunction Indicator Lamp (MIL)

Malfunction Indicator Lamp

Malfunction Indicator Lamp (MIL) pada sepeda motor Honda adalah fitur untuk memberikan informasi kepada pengendara terkait kinerja sistem PGM-FI. Indikator yang berada di panel instrumen ini akan menginformasikan kepada pengendara jika ada kerusakan pada sistem injeksi melalui kedipan nyala lampu MIL.

Sewaktu ECM mendeteksi tanggapan yang tidak normal dari sistem PGM-FI, maka MIL (Malfunction Indicator Lamp) akan berkedip sesuai dengan fungsi pendiagnosaan mandiri dari sistem.

Cara Kerja MIL

Kode Kedipan Lampu MIL

Jumlah   Kedipan Kode Gangguan
1 kali Sensor   MAP (Manifold Absolute Pressure)
7 kali Sensor   EOT (Engine Oil Temperature)/ECT (Engine Coolant Temperature)
8 kali Sensor   TP (Throttle Position)
9 kali Sensor   IAT (Intake Air Temperature)
11 kali Sensor   VS (Vehicle Speed)
12 kali Injektor
21 kali Sensor   Oksigen (O2)
29 kali Rangkaian   IACV (Intake Air Control Valve)
33 kali ECM   (Engine Control Module)
52 kali Sensor   CKP (Crankshaft Position)
54 kali Sensor   BAS (Bank Angle Sensor)
67 kali Front   Wheel Speed Sensor (PCX 160)
86 kali Speedometer   (PCX 160)
91 kali Coil   Ignition primary circuit malfunction (PCX 150, ADV 150,PCX 160)

Cara Membaca Lampu MIL

Catatan : Terdapat 2 jenis kedipan MIL, yaitu kedipan pendek (0.3 detik) dan kedipan panjang (1.3 detik), MIL berkedip pendek berarti 1 dan MIL berkedip panjang berarti 10.

Lihat gambar berikut sebagai contoh panduan membaca lampu MIL.

Arti Kedipan MIL
Cara Baca Kedipan MIL

: Apakah bila MIL berkedip, motor masih bisa beroprasi ?.

: Bisa, tidak semua kedipan MIL itu mengidentifikasikan motor tidak bisa beroperasi.

 

: Jika MIL berkedip dan motor masih bisa dihidupkan, apakah akan menyebabkan kerusakan pada sitem PGM-FI ?.

: Tidak, akan tetapi harap segera dibawa ke bengkel AHASS untuk diperiksa.

Keunggulan sistem PGM-FI

Performa lebih baik

Pelopor teknologi injeksi di Indonesia, Akselerasi responsiif, Telah terbukti pada motor-motor juara di ajang Moto GP.

Ramah lingkungan

Teknologi PGM-FI mampu kurangi emisi gas buang dan memenuhi standar emisi Euro 3.

Lebih hemat bahan bakar

Teknologi PGM-FI Honda telah terbukti lebih irit dalam konsumsi bahan bakar.

Mesin mudah dihidupkan

Mesin PGM-FI mudah dihidupkan pada kondisi dingin atau pada kondisi motor lama tidak digunakan.

Mudah perawatan

Perawatan bisa dilakukan pada semua jaringan AHASS seluruh Indonesia.

Sumber :

PT Astra Honda Motor

Technical Service Division

Technical Training Dept.

PGM-FI

  • PGM-FI adalah singkatan dari Programmed Fuel Injection dan pgm-fi fuel injection kemudian pgm-fi honda.
  • Lalu PGM-FI vs fuel injection dan pgm-fi kedipan reset serta setting altitude.
  • PGMFI meaning dan pgm-fi honda motor kemudian keunggulan pgm-fi.
  • Komponen sistem pgm-fi injeksi motor honda dan fungsi pgm-fi kemudian komponen pgm-fi dan pungsinya.
  • Sensor pgmfi injeksi motor hnda dan cara kerja pgmfi injeksi motor honda kemudian sistem injeksi terbaik motor honda.

PGM-FI Motor Honda

  • Fitur pgmfi injeksi motor honda dan penjelasan sistem pgm-fi pada motor honda kemudian mengenal teknologi PGMfi.
  • Cara kerja pgmfi pada honda dan sejarah pgm-fi injeksi motor honda.

Sistem Injeksi Motor Honda

  • Sistem injeksi sepeda motor dan sistem injeksi yang berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar kemudian sistem injeksi bahan bakar.
  • Lalu sistem injeksi langsung dari nosel injeksi ke ruang bakar dan sistem injeksi bahan bakar elaktronik pada motor honda.
  • Sistem injeksi bahan bakar tipe multiple point injection (mpi) mempunyai injektor dan apa itu injeki motor.
  • Pengertian injeksi dan cara kerjanya kemudian komponen electronic fuel injection lalu komponen sistem injeksi.
  • Sistem injeksi motor dan materi sistem injeksi sepeda motor kemudian komponen sistem injeksi dan fungsinya.
  • Komposnen sistem injeksi sepeda motor dan cara kerja sistem injeksi motor kemudian cara kerja pgmfi injeksi motor.

PGMFI Sistem Injeksi Motor Honda

  • Sistem injeksi sepeda motor honda dan mengenal sistem injeksi motor honda kemudian sistem pengapian motor honda injeksi.
  • Perlukah melakukan perawatan injeksi dan fitur pgmfi sepeda motor honda kemudian contoh motor injeksi.
  • Harga injeksi motor dan motor injeksi apa saja kemudian injeksi motor matic.
  • Injeksi motor bebek dan injeksi motor sport kemudian servis injeksi motor.

Sejarah PGM-FI Sistem Injeksi Motor Honda

  • Sejarah injeksi motor dan sejarah mesin injeksi kemudian sejarah teknologi injeksi.
  • Motor injeksi pertama di indonesia dan penemu injeksi motor kemudian motor injeksi pertama di dunia.
  • Komponen utama dalam sistem injeksi sepeda motor dan teknologi injeksi diterapkan pertama kali pada motor.

Komponen PGM-FI Injeksi Motor Honda

  • Komponen pgmfi yang berfungsi sebagai pendistribusi bahan bakar ke ruang pembakaran dan komponen pgmfi serta fungsinya.
  • Lalu komponen pgmfi motor honda beat dan komponen pgmfi motor honda genio kemudian komponen pgmfi motor honda scoopy.
  • Komponen pgmfi motor honda vario 125 dan komponen pgmfi motor honda vario 160 kemudian komponen pgmfi motor honda pcx.
  • Komponen pgmfi motor honda adv dan komponen motor pgm-fi motor honda revo kemudian komponen motor honda supra.
  • Lalu komponen motor honda sonic dan komponen pgmfi motor honda verza kemudian komponen pgmfi motor honda cb150.
  • Komponen motor honda cbr dan komponen pgmfi motor honda crf kemudian komponen motor pgmfi honda cb150x.

Komponen PGM-FI Sistem Injeksi Motor Honda

  • Komponen injeksi yang berfungsi sebagai pendistribusi bahan bakar ke ruang pembakaran dan komponen injeksi serta fungsinya.
  • Lalu komponen injeksi honda beat dan komponen injeksi honda genio kemudian komponen injeksi honda scoopy.
  • Komponen injeksi honda vario 125 dan komponen injeksi honda vario 160 kemudian komponen injeksi honda pcx.
  • Komponen injeksi motor adv dan komponen motor injeksi motor revo kemudian komponen injeksi motor honda supra.
  • Lalu komponen motor honda sonic dan komponen injeksi motor honda verza kemudian komponen injeksi motor honda cb150.
  • Komponen injeksi motor honda cbr dan komponen injeksi motor honda crf kemudian komponen injeksi motor honda cb150x.

Garansi Komponen PGM-FI Sistem Injeksi Motor Honda

  • Garansi Komponen PGM-FI 5 tahun dan Garansi Komponen PGM-FI 60.000 km kemudian garansi komponen pgm-fi mana yang tercapai lebih dahulu.
  • Garansi Komponen PGM-FI berlaku sejak tanggal pembelian dan garansi komponen PGM-FI bisa klaim lewat AHASS terdekat.
  • Lalu garansi komponen pgm-fi motor matic dan garansi komponen pgm-fi motor bebek kemudian garansi komponen pgm-fi honda sport.
  • Garansi pgm-fi motor dengan cc kecil dan besar.

Keunggulan PGM-FI Sistem Injeksi Motor Honda

Lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dan Lebih ramah lingkungan kemudian Lebih mudah dikendalikan lalu Dapat disesuaikan dengan kondisi mesin.

Perawatan PGM-FI Sistem Injeksi Motor Honda

Ganti oli mesin secara rutin dan Bersihkan filter udara secara rutin kemudian Periksa kondisi sensor-sensor secara rutin lalu Bersihkan sistem injeksi secara berkala.

Tips Merawat PGM-FI Injeksi Motor Honda

  • Pertama : Jangan menggunakan bahan bakar berkualitas rendah. Bahan bakar berkualitas rendah dapat menyebabkan kerak dan endapan pada sistem injeksi.
  • Kedua : Jangan mematikan mesin secara tiba-tiba. Mematikan mesin secara tiba-tiba dapat menyebabkan injektor tidak dapat membersihkan diri secara sempurna.
  • Ketiga : Jangan menggunakan mesin dalam kondisi yang berat. Menjalankan mesin dalam kondisi yang berat dapat menyebabkan komponen-komponen sistem PGMFI cepat aus.

Butuh Konsultasi Dengan Marketing Kami?

Segera hubungi: